Pages

Tuesday, June 22, 2010

Lonceng-lonceng Kuil - Anthony de Mello SJ

Sebuah kuil dibangun di suatu pulau, tiga kilometer jauhnya dari pantai. Dalam kuil itu terdapat seribu lonceng. Lonceng-lonceng yang besar, lonceng-lonceng yang kecil, semuanya dibuat oleh pengrajin-pengrajin terbaik di dunia. Setiap kali angin bertiup atau taufan menderu, semua lonceng kuil itu serentak berbunyi dan secara terpadu membangun sebuah harmoni. Hati setiap orang yang mendengarkannya akan terpesona.

Tetapi selama berabad-abad, pulau itu tenggelam di dalam laut. Demikian juga kuil bersama dengan lonceng-loncengNya.

Menurut cerita turun temurun, lonceng-lonceng itu masih terus berbunyi, tanpa henti dan dapat didengar oleh setiap orang yang mendengarkannya dengan penuh perhatian.

Tergerak oleh cerita ini, seorang pemuda menempuh perjalanan sejauh beribu-ribu kilometer. Tekadnya telah bulat untuk mendengarkan bunyi lonceng-lonceng itu. Berhari-hari ia duduk di pantai, berhadapan dengan tempat di mana kuil itu pernah berdiri dan mendengarkan dengan penuh perhatian. Tetapi yang didengarnya hanyalah suara gelombang laut yang memecah di tepi pantai.

Ia berusaha mati-matian untuk menyisihkan suara gelombang itu supaya dapat mendengar bunyi lonceng. Namun sia-sia. Suara laut rupanya memenuhi alam raya. Ia bertahan sampai berminggu-minggu.

Ketika semangatnya mengendor, ia mendengarkan orang tua-tua di kampung. Dengan terharu, mereka menceriterakan kisah seribu lonceng dan kisah tentang mereka yang telah mendengarnya. Dengan demikian ia semakin yakin bahwa kisah itu memang benar.

Dan semangatnya berkobar lagi, apabila mendengar kata-kata mereka… tetapi kemudian ia kecewa lagi, kalau usahanya selama berminggu-minggu ternyata tidak menghasilkan apa-apa.

Akhirnya ia memutuskan untuk mengakhiri usahanya. Barangkali ia tidak ditakdirkan menjadi salah seorang yang beruntung dapat mendengar bunyi lonceng-lonceng kuil itu. Mungkin juga legenda itu hanya omong kosong saja. Lebih baik pulang saja dan mengakui kegagalan, demikian pikirnya.

Pada hari terakhir, ia duduk di pantai pada tempat yang paling disayanginya. Ia berpamitan kepada laut, angin serta pohon-pohon kelapa. Ia berbaring di atas pasir, memandang langit, mendengarkan suara langit, mendengarkan suara laut.

Pada hari itu, ia tidak berusaha menutup telinganya terhadap suara laut, melainkan menyerahkan dirinya sendiri kepadanya. Dan ia pun menemukan suara yang lembut dan menyegarkan di dalam gelora gelombang laut. Segera ia begitu tenggelam dalam suara itu, sehingga ia hampir tidak menyadari dirinya lagi. Begitu dalam keheningan yang ditimbulkan suara gelombang dalam hatinya.

Di dasar keheningan itu, ia mendengarnya! Dentang bunyi satu lonceng, disambut oleh yang lain, oleh yang lain lagi dan oleh yang lain lagi….dan akhirnya seribu lonceng dari kuil itu berdentangan dengan satu melodi yang agung berpadu.

Dalam hatinya meluap rasa kagum dan gembira.

Jika engkau ingin mendengar lonceng-lonceng kuil, dengarkanlah suara laut.

Jika engkau ingin melihat Tuhan, pandanglah ciptaanNYA dengan penuh perhatian.

Jangan menolaknya, jangan memikirkannya. PANDANGLAH saja.

No comments:

Post a Comment